Tidak puas
rasanya apabila programming masih sebatas bermain dengan logika tanpa
mencoba project sendiri. Jika Anda juga menyatakan demikian, pembahasan
java kali ini mungkin dapat membantu Anda mulai mencoba untuk
benar-benar membuat aplikasi, walaupun masih dalam konteks sederhana.
Pembuatan aplikasi ini diperlukan IDE Netbeans. Oke saya anggap Anda sudah mempersiapkannya, pertama kali pada jendela kerja Netbeans, pilih New Project >> java Application >> beri nama project tersebut, misalkan tutorialpenjumlahan
kemudian pada project tersebut, klik kanan, pilih new >> jFrame Form >>beri nama "penjumlahan" atau nama lain yang Anda inginkan
Berikut ini adalah jFrame Form yang baru saja kamu buatPembuatan aplikasi ini diperlukan IDE Netbeans. Oke saya anggap Anda sudah mempersiapkannya, pertama kali pada jendela kerja Netbeans, pilih New Project >> java Application >> beri nama project tersebut, misalkan tutorialpenjumlahan
kemudian pada project tersebut, klik kanan, pilih new >> jFrame Form >>beri nama "penjumlahan" atau nama lain yang Anda inginkan
Selanjutnya beri nama setiap variabel dari Formatted Field tersebut, misalkan "variabel_1, variabel_2, dan variabel_3"
ganti nama variabel |
hasil |
Tambahkan Button untuk memungkinkan user melakukan perintah ketika tombol di-klik.
Atur teks dan variabel tombol tersebut seperti pada Label atau Formatted Field
Berikan event action performed, yaitu apa yang dilakukan ketika tombol tersebut di-klik
Berikut ini adalah rangkaian syntax standar untuk melakukan perintah penjumlahan, masukkan code di dalam event action performed pada tombol "HITUNG":
123456789101112private void HITUNGActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//anggap bahwa setiap data yang dimasukkan oleh user bertipe String
//dapatkan data dari variabel_1 dan variabel_2
String nilai1 = variabel_1.getText();
String nilai2 = variabel_2.getText();
//ubah tipe data dari String ke int agar dapat dijumlahkan
int nilai_1 = Integer.parseInt(nilai1);
int nilai_2 = Integer.parseInt(nilai2);
int hasil = nilai_1 + nilai_2;
//ubah tipe data dari Integer ke String untuk ditampilkan ke variabel_3
variabel_3.setText(Integer.toString(hasil));
}
Kemudian masukkan code di dalam event action performed pada tombol "HAPUS":123456private void HAPUSActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
//buat isi dari variabel_1, variabel_2, dan variabel_3 menjadi null/kosong
variabel_1.setText(null);
variabel_2.setText(null);
variabel_3.setText(null);
}
Terakhir, Run File
No comments :
Post a Comment